Connect with us

Berita Bola

Analisis Timnas Indonesia Kontra Yordania

TERBIT.COM – Kompetisi yang akan dihadapi oleh Tim Nasional Indonesia kontra Timnas Yordania dalam rangka uji coba FIFA Match Day akan dilangsungkan pada hari selasa 11 Juni 2019 tepat pada pukul 20.00 waktu Indonesi Bagian Barat. Berlaga di lapangan hijau Stadion King Abdullah, Amman, tim lawatan mempunyai tujuan yang mesti di ceklis untuk memperbaiki beberapa catatan saat berhadapan dengan tim-tim asal Timur Tengah.

Berjumlah 21 pemain yang dibesut oleh kepala pelatih Simon McMenemy dalam kesatuan skuad Timnas Merah Putih akan melawat ke Yordania. Nama-nama seperti Andritany Ardhiyasa (Persija) Hansamu Yama (Persebaya), dan Riko Simanjuntak (Persija) masuk. Demikian pula dengan Andik Vermansah (Madura United) dan Irfan Bachdim (Bali United).

melihat pada basis peringkat FIFA edisi paling akhir per 4 April 2019, Indonesia menduduki posisi ke 159 FIFA. Sementara itu, Yordania pergi jauh dan sangat jauh berada di peringkat ke 97. Bahkan posisi lawan Garuda saat ini, nyatanya lebih baik daripada Vietnam (98) atau Thailand (114).

Selain dari permasalahan kedudukan, mental juga sangat punya peranan disini, Timnas Indonesia mempunyai beberapa catatan yang kurang enak untuk dibahas ketika melakukan perlawanan dnegan tim-tim asal Timur Tengah. Hal tersebut yang mencoba untuk Simon McMenemy untuk membabad habis keburukan-keburukan tersebut. Setidaknya, dengan mengemas mental dengan baik menjelang laga akan berlangsung.

“Kita tahu Tim Nasional Indonesia memiliki catatan buruk ketika menghadapi tim dari timur tengah, saya ingin merubah tren negatif tersebut ” kata sang pelatih asal Skotlandia dikutip laman resmi PSSI pada Senin (10/6/2019).

penyebab yang lain yang akan berpengaruh snagat besar adalah cuaca. Ya cuaca, kenapa? Pasalnya dalam edisi latihan perdana di Yoerdania, para pembawa nama baik Indonesia ini mesti merasakan bagaimana cuaca panas di Yordan dalam suhu 35 derajat Celcius. Pertandingan yang akan digelar pada pukul 16.00 waktu Indonesia bagian Barat waktu setempat, bisa menguras tenaga yang cukup banyak.

Menurut Riko Simanjuntak, pertandingan timnas Indonesia melawan Yordania penting untuk menjadi tolok ukur pengerahan tenaga jelang kualifikasi Piala Dunia 2022/Piala Asia 2023 yang akan dilangsungkan pada September 2019 yang akan datang. Indonesia sudah pasti masuk ke ronde kedua, namun belum mengetahui skuat-skuat lawan yang akan diperangi. Undian baru dilakukan pada tanggal 17 Juli 2019.

“Melawan Yordania adalah simulasi kamu menuju Kualifikasi Piala Dunia 2022. Yang penting, proses adaptasi dengan negara lawan,” kata Riko 

Simon McMenemy lewat debut Internasionalnya bersama Indonesia dengan mengalahkan Myanmar 0-2 pada bulan Maret 2019 lalu, sayangnya timnas sendiri punya trek rekor yang buruk sejak tahun lalu, termasuk tersingkir di penyisihan grup piala AFF 2018.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola