Connect with us

Basket

Walau Sempat Turun, PBA Sekarang Meningkat

Willie Marcial : Walau Sempat Turun, PBA Sekarang Meningkat

PBA – Menuju musim ke-45 PBA terus melanjutkan perkembang mereka, walaupun dengan venue pada tahun yang lalu telah mengalami penurunan.

Menurut komisaris Willie Marcial dan Chairman Ricky Vargas, keduanya disebut-sebut tengah melihat adanya pertumbuhan liga di wilayah lainnya.

Saat tengah berlangsungnya konferensi pers pada hari Selasa di Conrad Hotel, Marcial mengatakan kalau persentase kehadiran liga pada musim yang lalu tengah menurun sampai dengan 4 persen, yang merupakan salah satu penurunan yang paling panjang dalam memori terakhir. Piala Filipina 2019 PBA telah dibuka pada 13 Januari dan Piala Gubernur berakhir lebih dari satu tahun kemudian, pada tanggal 17 Januari 2020.

“kemi telah melakukan pembicaraan dengan para fans,” imbuh Marcial soal kehadiran yang terlihat lebih rendah.

“Jawaban dari para fans adalah soal harga yang menurut mereka cukup tinggi.”

Walau Sempat Turun, PBA Sekarang Meningkat

Liga sudah mengambil beberapa langkah untuk membuat hal ini jauh lebih baik, salah satu jalan keluarnya adalah memberikan penawaran berupa potongan harga pada beberapa bagian tertentu di arena. Alasan lain untuk tingkat partisipasi yang rendah adalah terlalu banyak tempat yang harus di urus oleh liga itu sendiri.

“Persoalan lalu lintas serta lintas terjadi masalah, saya bukan seorang yang bisa membuka mata, saya tidak bisa melakukan atau mengurus hal tersebut” ucap Marcial.

Tapi dengan sementara kehadiran para fans yang menurun dari segi fisik, berbeda dengan digital liga yang mengalami kenaikan. PBA memperkirakan kalau peningkatan tersebut naik di angka 20 persen sampai 25 persen di media sosial dan Marcial juga mengatakan kalau view tentang streaming langsung permainan PBA di YouTube sampai angka jutaan. Permainan ke 2 final Meralco-Ginebra di Piala Gubernur PBA meraih penonton mencapai 3,5 juta penonton.

Beberapa permainan yang lainnya bisa mencapai lebih dari dua juta penonton juga.

PBA Sekarang Meningkat di Dunia Digital

“Kita akan melakukan secara digital lagi. Semuanya akan bisa di saksikan dari ponsel atau laptop sekalipun. Pergi ke tempat itu untuk melangsungkannya secara digital,” tegas Marcial.

Dengan adanya hal ini, PBA saat ini tengah melakukan pembicaraan dengan YouTube dan Facebook. Mereka tengah memperbincangkan tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari jangkauan mereka yang tengah berkembang di dunia digital ini.

“Di jejaring sosial (Facebook) saya tengah berbincang dengan YouTube. Kami hanya ingin mengetahui seperti apa prosesnya,”

Vargas melihat hal ini sebagai sebuah bukti kalai pertumbuhan PBA terus saja berkembang pesat, walaupun mereka memang merasa kesulitan.

“PBA itu sehat,” kata Vargas yang percaya kalau liga dapat meningkatkan pendapatannya pada 2020 dengan jangkauan Facebook dan YouTube-nya.

“Kami mengatakan kalau di dalam PBA, kami semua merupakan nominasi,” sambung dia.

“Kami melihat tahun 2020 ini sebagai sebuah perubahan haluan. Mungkin tidak ada di gerbang, namun mungkin saja berada di area yang lain.”

“Maka dengan ini kita akan mengalami kemajuan. PBA terus melangkah kedepan. Kita satu-satunya liga yang masuk akal.”

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Basket