Connect with us

Basket

Tragedi kecelakaan helikopter Kobe Bryant

Kobe Bryant dan putrinya Gianna
Kobe Bryant

Kobe Bryant

Siapa yang tidak mengenal Kobe Bryant, salah satu legenda di dunia bola basket yang sepanjang karirnya hanya membela klub LA Lakers. Kobe yang baru berusia 41 tahun ini memang telah pensiun pada tahun 2016 lalu. Sepanjang karirnya, ia berhasil membawa Los Angeles Lakers menjuarai NBA sebanyak lima kali.

Kecelakaan helikopter yang menimpa Kobe Bryant terjadi ketika Kobe sedang melakukan perjalanan bersama putrinya beserta beberapa orang teman. Tragedi ini mengejutkan banyak pihak di seluruh dunia, terutama mereka yang menggemari olah raga bola basket.

puing helikopter sisa kecelakaan Kobe Bryant

puing helikopter sisa kecelakaan Kobe Bryant

Helikopter yang ditumpangi Kobe Bryant diketahui jatuh di dekat wilayah Calabasas, California, sekitar 48 km sebelah barat daya dari pusat kota Los Angeles. Kondisi cukup berkabut kala itu dan pihak otoritas setempat masih melakukan penyelidikan kenapa helikopter bisa jatuh.

Berdasarkan hasil penelusuran, helikopter menempuh rute perjalanan dari Orange County menuju akademi bola basket milik Bryant di sisi barat daya Los Angeles. Di akademi inilah Kobe Bryant melatih putrinya Gianna yang turut meninggal dalam kecelakaan tersebut.

Dari laporan terakhir NTSB (National Transportation Safety Board), helikopter yang ditumpangi Bryant jatuh dengan kecepatan lebih dari 600m per menit. Heli masih utuh sebelum terjadi benturan keras dengan sisi bukit.

Sebelum hilangnya komunikasi dengan menara pengawas, helikopter tersebut berada pada ketinggian sekitar 700 meter. Pilot diketahui mencoba menaikkan ketinggian helikopter untuk menghindari lapisan kabut. Menara pengawas yang menanyakan rencana perjalanan selanjutnya ke pilot, tidak mendapatkan respons setelah itu. Kontak terakhir terjadi pada pukul 9.45 waktu setempat sebelum panggilan ke 911 dilakukan, dua menit kemudian.

Lokasi kecelakaan helikopter Kobe Bryant

Lokasi kecelakaan helikopter Kobe Bryant

Puing helikopter ditemukan berserakan dalam area sejauh 150-200 meter dari lokasi jatuhnya helikopter. Pihak otoritas setempat masih terus melakukan penyelidikan dan diketahui heli yang ditumpangi Bryant tidak dilengkapi dengan sistem peringatan jarak ke permukaan tanah sehingga bisa saja pilot tidak mendapatkan informasi yang mendetail.

Jarak pandang sangat rendah pada minggu padi waktu setempat sehingga LAPD (Los Angeles Police Department) memutuskan untuk menunda pencarian dengan helikopter.

Tim medis yang terjun ke lapangan, sejauh ini telah menemukan empat dari sembilan mayat; termasuk di dalamnya Kobe Bryant yang berhasil diidentifikasi melalui sidik jari.

Kemarin merupakan hari berkabung dalam skala nasional hampir di seluruh wilayah Amerika. Ribuan orang memadati Staples Center, stadion yang menjadi kandang Lakers di pusat kota Los Angeles. Ucapan berkabung mengalir mulai dari politisi, atlet olah raga, pesohor dan juga presiden Donald Trump.

Kobe Bryant yang dijuluki Black Mamba karena kelihaiannya dalam menghindari hadangan lawan di lapangan basket, mempunyai catatan rekor yang sangat panjang di NBA. Sampai saat ini, rekor pencetak skor tertinggi ketiga di NVA milik Bryant, baru bisa dilewati LeBron James pada Sabtu malam lalu.

Bryant terjun ke NBA pada tahun 1996 silam selepas lulus dari SMA, ia membawa warna baru di dunia NBA yang pada masa itu dalam transisi generasi emas NBA. Seperti yang kita ketahui, sebelum era Bryant, NBA mempunyai sejumlah bintang, sebut saja Michael Jordan, Magic Johnson, Patrick Ewing, Karl Malone, Shaquille O’Neal, John Stockton, Charles Barkley, Larry Bird dsb.

Kemunculannya sebagai bintang muda waktu itu memang masih jauh dari titik puncak atlet olah raga karena masih ada Jordan, Tiger Woods. Masih jarang terdengar orang meneriakkan Kobe jika ia melempar bola.

Penggemar Kobe Bryant kumpul di Staples Arena

Penggemar Kobe Bryant kumpul di Staples Arena

Kobe pernah memenangkan piala Oscar pada tahun 2018 atas film animasi pendek yang menceritakan kisah hidupnya. Meski menjadi sosok yang dicintai banyak kalangan, Bryant pun pernah tersandung kasus kekerasan seksual pada 2003 lalu yang sempat menodai perjalanan karirnya.

Bryant secara terbuka pernah mengakui jika ia mengakui pernah melakukan hubungan seksual secara konsensual dengan korban yang masih berusia 19 tahun namun bersikeras jika ia tidak melakukan tindakan melanggar hukum. Tuduhan ini pun akhirnya dicabut karena wanita korbannya menolak untuk bersaksi. Kedua pihak akhirnya sepakat berdamai sehingga Kobe Bryant pun bersih dari tuntutan hukum.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Basket