Connect with us

Basket

Timnas Basket Indonesia Tak Bawa Pemain Asing ke Elang Cup

TERBIT.COM – Tak lama lagi tim nasional basket Indonesia akan berlaga dalam kopetisi Elang Cup 2019, kali ini ada yang berbeda dari skuat timnas basket Indonesia karena mereka tidak turut menyertakan pemain asing untuk melakoni laga-laga di ajang tersebut.

Turnamen Elang Cup 2019 akan dilaksanakan di kota Medan, mulai tanggal 7 Agustus hingga 13 Agustus. Secara total akan ada 8 tim yang berpastisipasi dalam ajang tersebut, tidak hanya akan di ikuti oleh tim-tim yang berasal dari Indonesia, turnamen ini juga akan diikuti oleh klub-klub basket asal Asia Tenggara.

Untuk timnas Basket Indonesia, ajang ini akan menjadi ajang ujicoba kedua selama masa pemusatan latihan, setelah sebelumnya timnas juga sempat menjalani uji coba dalam ajang William Jones Cup 2019, Taiwan.

Akan tetapi ada yang menjadi pembeda antara uji coba pertama dan kali ini, karena pada uji coba pertama, di William Jones Cup timnas Indonesia juga menyertakan pemain asing Chester Jarrel Giles, seorang pemain asal Amerika Serikat.

Sedangkan dalam uji coba kedua kali ini di Elang Cup 2019, timnas Indonesia tidak akan menyertakan pemain asing. Perbasi memilih untuk mengirim 14 pemain lokal ke turnamen tersebut. Mereka adalah pemain-pemain pecahan dari William jones Cup dan tujuh yang lainnya adalah pemain baru. Pemain-pemain tersebut adalah Andakara Prastawa, Hardianus, Laurentius Steven Oei, Vincent Rivaldi Kosasih, Reza F, Cuntara, dan David Nuban

Ketidak dikutkannya pemain asing dalam ujicoba kedua ini adalah agar pelatih bisa melihat skill dari para pemain lokal, selain itu mereka juga ingin melihat apakah taktik yang mereka terapkan  sudah berhasil atau belum.
“Jadi, sekarang kami tidak pakai impor, karena memang pelatih ingin melihatskill para pemain. Kami juga ingin tahu apakah sistemnya sudah berjalan atau belum? dan hal lainnya. Padahal kalau melihat tim lain ada yang tujuh pemainnya merupakan asing,” kata Manajer Timnas basket putra, Maulana Fareza Tamrella, saat ditemui di GBK Arena, Senayan, Jumat (2/8/2019).

“Tapi pemain kami sudah diinformasikan, makanya ini sebenarnya tantangan sekali buat mereka. Cuma ya kembali lagi Rajko Toroman (pelatih kepala timnas) walau kelihatan sudah lama (pengalaman), tapi baru (melatih) sepekan ini. Jadi, dicoba saja dan apapun hasilnya bukan alasan, jadi harus siap saja,” dia menjelaskan.

Berikut daftar pemain ke Elang Cup 2019: 

1. Andakara Prastawa
2. Hardianus Lakudu
3. Widyantaputra Teja 
4. Abraham Damar Grahita 
5. Juan Laurent Kokodiputra
6. Mei Joni 
7. Indra Muhammad
8. Kaleb Ramot Gemilang
9. M. Hardian Wicaksono 
10. Reza F. Guntara
11. Tri Hartano
12. Laurentius Steven Oei
13. Vincent Rivaldi Kosasih
14. David Nuban

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

Selebihnya di Basket