Connect with us

Basket

Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Basket 2023

TERBIT.COM – Setelah selesai mengunjungi pihak Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Negara Swiss, Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla juga menemui Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) pada hari Jum’at (17/05/2019).

Pertama Wakil Presiden Republik Indonesia  dengan pengurus dari FIBA tersebut yaitu untuk memastikan bahwa Ibu Kota Indonesia, Jakarta telah siap menjadi tuan rumah kompetisi FIBA World Cup atau Kejuaraan Dunia Basket 2023.

Dalam kesepakatan tersebut, Jusuf Kalla di damping oleh Ketua Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir yang juga saat ini sedang menjabat sebagai anggota FIBA Central Broad. Selain Erick Thohir, pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani dan Abdurrahman M Fachir selaku Wakil Menteri Luar Negeri.

Sementara dari pihak FIBA diwakilkan oleh Andreas Zagklis selaku sekretaris Jenderal dan Patrick Mariller selaku Chief Financial Officer. Pertemuan antara kedua belah pihak berlangsung selama kurang lebih 45 menit dan mendapatkan hasil dimana Jakarta akan menjadi tuan rumah dari FIBA World Cup 2023 bersama dua kota lainnya yang ada di negara lain seperti di Manila, Filipina serta Okinawa, Jepang.

“Serupa ketika Wapres Jusuf Kalla ke IOC, pertemuan dengan FIBA ini juga untuk menunjukkan kesiapan, keseriusan, dan dukungan yang diberikan pemerintah dalam setiap kegiatan olahraga internasional yang berlangsung di Indonesia,” ujar Erick Thohir.

“Apalagi ini kali pertama Jakarta menjadi tuan rumah kejuaraan dunia basket sehingga ajang ini sangat bergengsi”, ucap dia melanjutkan.

Erick Thohir juga menyebutkan bahwa Sekjen FIBa, Andreas Zagklis juga menyatakan bahwa ia sangat antusias sekali saat menerima kedatangan dari Jusuf Kalla serta rombongannya. FIBA berharap dengan penunjukkan Jakarta sebagai tuan rumah akan menjadi titik awal perkembangan olahraga bola basket di Indonesia agar semakin berkualitas serta partisipasi dari masyarakat akan semakin meningkat.

“Perlu diketahui, bola basket merupakan olahraga beregu nomor satu di ajang Olimpiade. Jadi respon FIBA sangat positif, ketika mengetahui bahwa pemerintah kita mendukung kejuaraan dunia di Jakarta,” kata Erick.

“Mereka juga memberikan dukungan penuh keinginan kita menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, sekaligus berharap agar kesuksesan pelaksanaan Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023 menjadi acuan bagi IOC dalam menentukan tuan rumah Olimpiade 2032 di sidang IOC tahun 2024,” tutur Erick.

Erick Thohir juga menyampaikan bahwa Perbasi juga akan segera mempersiapkan tim Nasional Indonesia yang mempuni serta mampu bersaing dengan pemain-pemain basket dari tim basket berkualitas mancanegara.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Basket