Connect with us

Basket

IBL Putuskan Ikut Sertakan Timnas Dalam Kompetisi Musim Depan, Dan Menambah Kuota Pemain Asing

TERBIT.COM – Menjelang digulirkannya ajang Indonesian Basketball League (IBL) baru-baru ini pihak IBL menggelar rapat tertutup dengan para perwakilan klub yang turut serta dalam ajang IBL musim depan. Hasil dari rapat tersebut selain memutuskan untuk mengikut sertakan IBL, mereka juga memutuskan untuk menambahkan kuota pemain asing.

PP Perbasi saat ini ingin melakukan penggodokan dan juga persiapan matang untuk para atlet timnas basket putra dalam menatap ajang FIBA World Cup 2023, baru-baru ini mereka juga telah menggelar rapat yang membahas tentang program percepatan timnas dan kompetisi.

Salah satu hasil dari rapat tersebut adalah memutuskan untuk meningkatkan performa pemain timnas melalui ajang IBL. Dimana mereka memproyeksikan timnas akan menjadi salah satu peserta dalam ajang IBL, akan tetapi dalam kompetisi tersebut nantinya timnas hanya akan ikut serta sampai babak reguler season, bahkan jika poin yang mereka kumpulkan akan memenuhi syarat lolos ke babak play off, mereka tetap tidak akan diikut sertakan.

Demi menambah keketatan persaingan maka pihak IBL juga memutuskan untuk menambahkan kuota untuk pemain asing, dimana jika sebelum-sebelumnya setiap klub hanya diperbolehkan memiliki dua pemain asing, maka pada kompetisi musim depan, setiap klub boleh memiliki 3 pemian asing

“Kembali lagi lihat kasusnya. Tahun ini, IBL beda karena Timnas turut berlaga. Pemain-pemain terbaik dari berbagai klub kan adanya di timnas, jadi ada ketimpangan lah. Dengan tiga pemain asing ini diharapkan bisa menambal,” kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah di Hotel Fairmont, Jakarta.
“Kedua, dengan kondisi yang lebih intensif. Kami lihat pertandingan musim lalu seperti yang tidak kami inginkan lah seperti pemain asing itu cedera. Jadinya jomplang. Seharusnya kompetisi bisa terus menarik sampai habis. Kalau ada yang cedera, ada replacement-nya bisa lebih baik,” dia menambahkan. 

Akan tetapi tetap ada aturan yang diperlakukan, dimana menurut Junas, setiap klub dilarang untuk menurunkan 3 asing dalam waktu bersamaan. Aturan main dari peraturan tersebut adalah dua pemain asing boleh ikut turun bermain sedang yang satu yang lain bertindak sebagai pemain cadangan.

“Sama di negara lain juga gitu. Adanya pemain asing agar pemain lokalnya bangkit. Bisa jadi di musim ke berapa bisa kembali ke dua pemain asing lagi,” ujar dia.

Sedangkan untuk kriteria tingga pemain asing yang diperbolehkan untuk direkrut, tidak boleh melebihi 200 cm.
“Kalau sebelumnya kan dua pemain saja, yang satu small man dan big man. Untuk sekarang ketiganya bebas, yang penting di bawah 200 sentimeter,” kata Junas.
“Sementara salary cap tiap klub itu 6.000 dolar (perbulan). Jsdi terserah, pemain A misal 3.000 dollar, B 2.000 dollar, C 1.000 dollar,” dia melanjutkan.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Basket